Selamat Datang Para Pengunjung

20 Maret 2015

Antara Aku, Rasulullah dan Radio Seulaweut


Assalamuaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Terima kasih sebelumnya untuk para pembaca yang bersedia membaca tulisan ini. Pada program Radio Seulaweut ada yang bertema "Sehati", jadi disini saya ingin menjelaskan tata cara bagaimana kebiasaan tidur antara aku, Rasulullah SAW dan Radio Seulaweut. disini kata "Aku" sangat tidak enak didengar karena di kampung saya kata "Aku" agak kasar. jadi penulis akan ganti kata "Aku" dengan "Saya". Sebelum kita menjelaskan tata cara saya dan Radio Seulaweut tidur/Off sebaiknya kita bahas terlebih dahulu bagaimana Rasulullah SAW tidur.

Berikut tata cara Rasulullah SAW sebelum tidur.

-     Menutup pintu, memadamkan lampu dan menutup bejana yang ada di rumah sebelum tidur. seperti hadist rasulullah yang diriwayatkan oleh sahabat Jabir bin Abdillah radhiyallahu‘anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Padamkanlah lampu di malam hari apabila kamu akan tidur, tutuplah pintu, tutuplah rapat-rapat bejana-bejana makanan dan minuman.”(HR Bukhari-Muslim).

-    Berwudhu lah sebelum tidur karena memiliki hikmah ketika kita akan bersiap untuk mati, agar kita mati dalam keadaan suci karena tidur ini 11-12 kematian yang sudah di riwayatkan dalam sebuah hadits oleh sahabat Al Bara’ bin ‘Azib bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, “Jika kamu mendatangi tempat tidurmu maka berwudhulah seperti wudhu untuk shalat, lalu berbaringlah pada sisi kanan badanmu” (HR. Bukhari dan Muslim).


-   Rasulullah SAW sebelum tidur pasti membersihkan tempat tidur terlebih dahulu dengan cara mengibaskan kain pada tempat tidur sebanyak 3 kali sebelum berbaring. ini berguna untuk menjaga kita dari ancaman hewan melata atau dari ancaman lainnya. seperti hadits yang diriwayatkan oleh sahabat Abu Hurairah radhiyallahu’anhu bahwasanya Rasulullah SAW bersabda: “Apabila seorang dari kamu akan tidur pada tempat tidurnya, maka hendaklah mengibaskan kainnya pada tempat tidurnya itu terlebih dahulu, karena ia tidak tahu apa yang ada di atasnya…”. Di dalam riwayat yang lain dijelaskan bahwa jumlah kibasan yang dianjurkan adalah sebanyak tiga kali (HR. Bukhari dan Muslim).

-     Berbaringlah sebelah kanan pada saat ingin tidur dan tangan sebagai alas/bantal kepala kita. bisa kita rasakan sendiri bahwa jika kita tidur sebelah kiri akan mengganggu kinerja organ vital yaitu Jantung dimana jantung bekerja sepanjang hidup kita. rasulullah sebelum tidur pernah tidur sebelah kiri untuk melancarkan pencernaan agar tidak menggumpal tapi hanya sebentar setelah itu baru tidur sebelah kanan. 

-     Rasulullah tidur sekitar jam 9 malam dan bangun cepat yaitu pada 1/3 malam, sekitar jam 3 pagi lalu Rasulullah Shalat Tahajud.

Pada poin inilah yang ingin saya banding kan antara Rasulullah SAW tidur, saya dan Radio Seulaweut tidur. Apakah para karyawan di Radio Seulaweut ini sudah mengikuti tata cara Rasulullah SAW tidur...? saya harap mereka sudah mengikuti tata cara Rasulullah SAW tidur, soalnya saya tidak bisa melihat cara mereka bekerja karena saya hanya bisa mendengar RadioSeulaweut saja.

saya sudah membiasakan tidur cepat dalam beberapa tahun belakang, karena saya ingin mengikuti cara Rasulullah SAW hidup, cara makan/minum, cara buang air kecil/besar, dll. Tapi saya belum juga bisa mengikuti Rasulullah SAW karena saya juga sering tidur telat sekitar jam 12 malam dan tidak dapat bangun malam untuk shalat tahajjud. rasanya sedih jika tidak bisa shalat malam, dan sering kebablasan tidur lupa matikan lampu. 

saya ingin mengingatkan kepada para pembaca agar tidur lah secepatnya karena tidur cepat itu lebih baik dan sangat baik jika bangun 1/3 malam. dimana pada malam hari daya tahan tubuh kita akan berkembang, wajah lebih berseri dan akan terasa segar di pagi harinya.

Terima kasih sudah membaca artikel yang saya buat, jika ada kesalahan dalam hadits yang saya ucapkan mohon di komentar dan secepatnya saya perbaiki. 

Wassalamuaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


@radioseulaweut
- #Miladke8seulaweut
- http://www.radioseulaweut.com   

http://www.radioseulaweut.com/p/info-tiket.html

3 komentar:

Anonim mengatakan...

Terima Kasih sudah sharing kawan.

Unknown mengatakan...

sama-sama.

mesy mengatakan...

mksh ilmunya

Posting Komentar

Download Lagu Aceh

 
User Online