Selamat Datang Para Pengunjung

25 Mei 2010

DASAR-DASAR PEMROGRAMAN DENGAN SOFTWARE UMPS




UMPS adalah singkatan dari Universal Microprocessor Program Simulator, yaitu simulator pemrograman mikrokontroler yang universal, yang dapat mensimulasikan pemrograman mikrokontroler untuk banyak tipe seperti 8031, 8032, ATMEG161, ATMEG603, 68HC11, PIC, SUNPLUS, dan lain sebagainya. UMPS dapat berjalan pada sistem operasi Windows 3.11, Windows NT/2000, Windows XP.

UMPS dapat mensimulasikan beberapa CPU dengan memori maksimum sebesar 64 K Byte. UMPS menggunakan file CPL yang dapat menggunakan file dengan ekstensi txt atau asm. Setelah loading UMPSdapat melakukan assemble, disassemble, dan mengeksekusi instruksi yang ada dalam file. UMPS juga mampu menampilkan dan memodifikasi isi register internal, isi RAM, ROM, mendisassemble program, breakpoint, dan pengaturan-pengaturan lainnya.

Sistem tidak hanya mensimulasikan CPU tetapi juga mampu mensimulasikan peripheral environtment. Hal ini karena UMPS terhubung ke virtual CPU core. Environtment dihasilkan dari resources. Setiap resource dapat ditampilkan pada window khusus dan dapat dihubungkan secara individual ke beberapa komponen simulasi microprocessor (seperti RAM, ROM, register-register, pin, dan lain sebagainya.

UMPS dapat menampilkan memori-memori, register-register dan status dalam multiple document interface. Untuk memulai simulasi dengan UMPS dapat mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :
Laporan Bisa Didownload pada Read More
- Loading CPL file: configure => load CPU
- Configure register window-Configure Registers
- Configure resource: Configure Resources
- Display CPU Code: View CPU Code


UMPS dapat menjalankan program dalam format file HEX atau UMPS dapat menampilkan isi ROM dengan memilih menu: View => CPU code


Edit Area adalah bagian dari window CPU code yang digunakan untuk meng-edit atau menuliskan Mnemonic directly secara langsung. Setelah dilakukan koreksi, tiap-tiap baris Mnemonic akan dikembalikan untuk dievaluasi dan di-compile. Jika instruksi yang diberikan salah, maka UMPS akan menampilkan pesan kesalahan yang ditandai dengan tulisan berwarna merah, dan posisi instruksi yang salah. Dengan meng-klik instruksi yang salah atau menekan tombol (CTRL + G) maka kursor akan menuju ke tempat instruksi yang salah untuk dilakukan koreksi. Apabila instruksi benar, maka akan tampil pesan bahwa proses compile sukses.
UMPS dapat mensimulasikan beberapa resources komponen eksternal seperti di bawah ini :

- LED (Red, Green, Yellow)
- Display 7-segments
- Panel LCD
- D/A dan A/D Converter
- Real time 12C clock
- Push button
- 4 atau 8 Binary decoder
- 8 x Latch

- Shift Register, digital Counter, dan sebagainya. Untuk memilih resources dapat dilakukan dengan memilih menu Configure => resources, kemudian menekan tombol Add. Tampilan pemilihan resources seperti terlihat pada gambar di bawah ini:


Laporan Bisa Download Dibawah ini



1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap bro,,,
thanks ya

Posting Komentar

Download Lagu Aceh

 
User Online